Latar Belakang

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang kemudian diikuti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta peraturan perundang-undangan lainnya yang turut serta mendukung kedua peraturan induk tersebut di atas, telah membawa perubahan dan nuansa baru pengelolaan pendidikan di Indonesia.

Perubahan yang besar sangat terasa manakala arah kebijakan pengembangan pengelolaan pendidikan nasional Indonesia diarahkan kepada delapan standar nasional pendidikan. Dengan kata lain pengelolaan pendidikan kita diwarnai nuansa standarisasi mutu yang merupakan salah satu bentuk implikasi pergaulan dalam dunia global.

Implikasi langsung terhadap pengelolaan pendidikan di tingkat satuan pendidikan adalah munculnya otonomi dan desentralisasi untuk mengembangkan PKBM sesuai Visi, Misi dan tujuan PKBM masing-masing. Dalam konteks ini, PKBM INTAN Kecamatan Arcamanik Kota Bandung telah berupaya ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah pada bidang pendidikan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PBKM merupakan program pendidikan Non Formal yang mewadahi masyarakat putus sekolah atau akibat terkendala biaya pendidikan.

Pendidikan kesetaraan yang di kelola di PKBM INTAN terdiri dari program Paket A setara SD, Program Paket B setara SMP, dan Program Paket C setara SMA. Maka dari itu dengan adanya Program Pendidikan Kesetaraan yang dikelola oleh PKBM INTAN diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi program pemerintah sehingga tidak ada lagi warga negara Indonesia yang tidak sekolah atau putus sekolah.

Tujuan

Adapun tujuan Pendidikan Kesetaraan yang dikelola oleh PKBM INTAN Kecamatan Arcamanik Kota Bandung adalah :

  1. Ikut berpartisipasi dalam program pemerintah pada bidang pendidikan yaitu Wajib Belajar Pendidikan Tingkat Dasar (Wajar Dikdas)
  2. Masyarakat yang tidak bisa sekolah di pendidikan formal atau tidak dapat melanjutkan ke pendidikan formal karena putus sekolah atau tidak mampu secara financial dank arena keterbatasn waktu
  3. Membina dan memberikan pendidikan kepada masyarakat agar memiliki kepribadian yang baik dan akhlak muli, budi pekerti luhur, sikap professional, berpengathuan luas serta memiliki keterampilan khusus dan tanggung jawab yang tinggi, sehingga mampu menghadapi tantangan dunia kerja di era globalisasi.

 

Visi dan Misi PKBM INTAN

“ Visi “

“Mewujudkan masyarakat yang cerdas, mandiri, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia “

“ Misi “

  1. Menyelenggarakan berbagai program pada PKBM INTAN yang berorientasi pada penuntasan penggangguran, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh pendidikan layak.
  2. Mengembangkan kemandirian melalui program-program keterampilan.
  3. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan pihak pemerintah, perorangan dan lembaga serta pihak lainnya yang terkait.
  4. Mensosialisasikan dan mempublikasikan PKBM INTAN ke masyarakat luas melalui media massa, teknologi informasi lainnya.